Jumat, 26 Mei 2017

Jenis Boiler Menurut Jumlah Lorong



Boiler

Jenis Boiler Menurut Jumlah Lorong _Salah satu klasifikasi boiler yaitu jenis boiler berdasarkan jumlah lorong atau pipa (boiler tube). Penggunaan lorong atau pipa dapat membedakan jenis boiler karena pasti akan memiliki fungsi yang berbeda pula. Berdasar pengetahuan CV. Duta Rimba Tehnik yang kami ketahui bahwa jenis boiler menurut jumlah lorong saat ini dikenal ada 2 jenis yaitu :

1.
Boiler dengan lorong tunggal (single tube steam boiler)
Single tube steam boiler adalah jenis boiler yang hanya memiliki satu lorong. Lorong tersebut bisa berupa lorong pipa air (pada water tube boiler) atau lorong pipa api (pada fire tube boiler). Jika pada water tube boiler, maka lorongnya hanya berjumlah satu dan di dalam pipa tersebut adalah air. Jika pada fire tube boiler, maka lorong berjumlah satu dan yang di dalam pipa adalah api.
Contoh dari boiler dengan lorong tunggal yaitu simple vertikal boiler yang termasuk single water tube boiler dan boiler Cornish yang termasuk single fire tube boiler.

a.
Boiler Cornish
Boiler Cornish adalah flued boiler yang bentuknya paling sederhana. Ditemukan Richard Trevithick dan pertama kali dipasang di tambang Dolcoath pada tahun 1812. Boiler Cornish berbentuk silinder horizontal panjang dengan lorong tunggal besar yang berisi api. Tungku pemanasan memanfaatkan alam. Cerobong yang tinggi diperlukan di ujung pembuangan untuk mendorong dengan baik dari udara (oksigen) ke api.

b.
Simple Vertical Boiler (Boiler Vertikal Sederhana)
Boiler vertikal sederhana adalah boiler yang rancangan lorongnya adalah vertikal dan menghasilkan uap pada tekanan rendah dan dalam jumlah kecil. Oleh karena itu boiler vertikal sederhana digunakan dalam pembangkit listrik rendah atau di tempat-tempat yang ruangannya terbatas. Boiler vertikal sederhana terdiri dari silinder dinding yang mengelilingi kotak api silinder.

2.
Boiler dengan lorong ganda (multi tube steam boiler)
Multi tube steam boiler adalah boiler yang memiliki lorong ganda atau lebih dari satu. Contoh dari boiler lorong ganda yaitu boiler Scotch yang merupakan boiler pipa api dan boiler B dan W yang merupakan tipe boiler pipa air.

a.
Boiler Scotch
Boiler "Scotch" atau  biasa juga disebut boiler Scotch laut (marine) adalah desain dari boiler uap yang terkenal penggunaannya di kapal. Konstruksi boiler Scotch secara umum yaitu silinder horisontal jongkok. Lebih dari satu tungku silinder besar berada di bagian bawah shell boiler. Di atas shell, ada tabung api yang berdiamter kecil. Gas dan asap dari tungku melalui boiler bagian belakang, kemudian kembali melalui tabung kecil dan dan keluar dari cerobong asap

b.
Boiler B dan W
Boiler B dan W merupakan boiler rancangan perusahaan Amerika dari Babcock and Wilcox, inilah alasan mengapa dinamakan boiler B dan W (Babcock and Wilcox). Jenis ini memiliki drum tunggal, dengan air umpan diambil dari bagian bawah drum ke dalam header yang memasok air di tabung. Pipa-pipa air memasok uap kembali menuju bagian atas (drum). Tungku api terletak di bawah tabung dan drum.

Perusahaan kami cukup flexible dan profesional dalam pembuatan dan pemasangan instalasi boiler. Kami siap untuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan atau personal yang membutuhkan boiler di seluruh Indonesia. Kami siap memberikan yag terbaik untuk kebutuhan boiler anda.








CV. DUTA RIMBA TEHNIK
DUTA RIMBA TEKNIK Updated at: 14.12.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indahnya berbagi. Salam sukses selalu. DUTA RIMBA TEKNIK